Bio Farma Beri Edukasi Hidup Sehat ke Santri Jawa Timur

Bio Farma Beri Edukasi Hidup Sehat ke Santri Jawa Timur
Bio Farma Beri Edukasi Hidup Sehat ke Santri Jawa Timur/Sumber: Bio Farma

Bio Farma kembali menggelar Road Show Santri Sehat dengan agenda sosialisasi pemaparan mengenai gaya hidup sehat salah satunya melalui pemberian vaksin sebagai bentuk pencegahan penularan penyakit ke pesantren di Jawa Timur, akhir pekan lalu.

Diharapkan, para peserta roadshow santri sehat ini akan meneruskan informasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan, melalui pemberian vaksinasi kepada keluarga dan masyarakat yang lebih luas.

Head of Corporate Comumunications Bio Farma Iwan Setiawan mengatakan, tujuan dari roadshow ini adalah memberikan edukasi dan pengertian mengenai gaya hidup sehat dan pentingnya pemberian vaksinasi sebagai salah satu upaya pencegahan penularan penyakit.

“Sejak tahun 2017, kami melebarkan cakupan sosialisasi ini ke pesantren – pesantren yang ada di provinsi Jawa Tengah, D.I Yogyakarta dan Jawa Timur. Pemilihan pesantren, dikarenakan di masa yang akan datang, para santri ini, akan menjadi tokoh masyarakat, atau tokoh agama, yang bisa membawa perubahan dan sebagai agent of change mengenai paradigma menjaga kesehatan melalui pencegahan,” jelas Iwan  dalam keterangan resmi, Senin 21 Oktober 2019.

Iwan menambahkan, kelanjutan dari roadshow ini adalah pertemuan dengan tokoh pemimpin pondok pesantren yang berada di Jawa Timur, yang akan diselenggarakan pada bulan November 2019 mendatang di kota Surabaya.

Selain edukasi mengenai santri sehat,mereka juga akan diberikan pelatihan menulis, yang diberikan oleh jurnalis yang berasal dari Media. Pelatihan menulis jurnalistik ini, merupakan sebagai upaya untuk membangun kepercayaan diri dan bekal untuk mereka saat memberikan dakwah, salah satunya adalah melalui penulisan.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Bustanul Hikmah Makmur, KH Lukman Hakim, menyambut baik kedatangan tim Bio Farma karena dengan adanya edukasi ini, santri menjadi lebih peduli untuk lebih menjaga kesehatannya selama mereka mondok di pesantren maupun saat mereka ada di tengah – tengah masyarakat,

”Alhamdulillah santri kami bisa lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan sedari dini, dan mengetahui bagaimana caranya untuk meredam penyebaran penyakit,” ucap KH Lukman Hakim.

Senada dengan KH Lukman Hakim, Pengasuh Pondok Pesantren Al Hikmah Bahrul Ulum KH Abdullah Rofin mengatakan santri harus sehat karena sehat menjadi kunci ketika akan berdakwah.

“Kesehatan merupakan kunci yang penting untuk para santri, dengan fisik yang prima, santri bisa berdakwah lebih baik lagi, baik dakwah secara langsung, maupun melalui tulisan,” kata KH Abdullah Rofin.

Dalam kegiatan roadshow ini, Bio Farma memberikan bantuan kepada pesantren Bustanul Makmur dan Al Hikmah Bahrul Ulum berupa fasilitas pendidikan dan pembangunan pesantren.

Baca juga: Bio Farma Resmikan Cabang Imunicare ke-14 di Pulau Dewata