Bank Sampah Pegadaian Raih Gold Award dalam Konvensi QC di Jepang

Bank Sampah Pegadaian Raih Gold Award dalam Konvensi QC di Jepang
Pegadaian raih gold award dalam ICQCC (Sumber: pegadaian.co.id)

Program bank sampah PT Pegadaian (Persero), The Gade Clean and Gold, meraih Gold Award di ajang International Convention of Quality Control Circles (ICQCC). Gold Award sendiri merupakan penghargaan tertinggi dalam konvensi yang digelar di Tokyo, Jepang dari tanggal 21 - 27 September 2019 tersebut.

Dalam ajang penghargaan yang mulai diadakan tahun 2011 ini, tim dari Pegadaian memperkenalkan bank sampah dalam presentasi di depan juri. Tema yang dibawa Pegadaian dalam presentasinya adalah "The Implementation of The Gade Clean and Gold Program to Sustain Enviromental Hygiene, Empower Middle to Lower Class Society and Ecquire New Customer to PT Pegadaian (Persero)".

Baca juga: Pegadaian Ajak 10 BUMN Dorong Sharing Ekonomi

The Gade Clean and Gold sendiri merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Pegadaian. Konsepnya cukup sederhana. Sampah yang sudah dipilah dari rumah disetor ke bank sampah untuk ditimbang dan dinilai harganya. Selanjutnya sampah dibeli oleh bank sampah dan uangnya dimasukkan dalam bentuk tabungan emas Pegadaian.

Emas hasil menabung dapat dijual atau digadaikan jika masyarakat memerlukan dana. Selain itu, bisa juga dimanfaatkan untuk biaya menunaikan ibadah haji atau umroh. Dengan saldo tabungan emas seberat 3,5 gram, masyarakat dapat mengajukan pembiayaan ibadah haji dan umroh tersebut.

Keberhasilan perwakilan dari Pegadaian menyabet Gold Award ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi manajemen perseroan.

“Di dalam negeri, program ini mendapat penghargaan Nusantara CSR Award kategori Pelibatan Komunitas dalam Menangani Sampah. Sementara di ajang internasional (ICQCC) program ini memenangkan kontes antarnegara,” ungkap Damar Latri Setiawan, Direktur Jaringan dan Operasi PT Pegadaian dalam rilis resmi perusahaan (03/10).

Implementasi dari program ini pun mendapat banyak dukungan dan apresiasi dari berbagai pihak di dalam negeri. Mulai dari Bupati, Walikota, Gubernur dan bahkan Presiden.

“Program yang digagas Pegadaian tersebut sangat menarik. Perusahaan yang lain pun harus pula mempunyai program-program yang inovatif dan terus dikampanyekan kepada masyarakat,” ujar Novrizal Tahar, Direktur Pengelolaan Sampah Kemeterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Baca juga: LinkAja - Pegadaian Sinergi Transaksi Nontunai