Bank BJB Salurkan Kredit Permodalan ke RNI Rp1 Triliun

Bank BJB Salurkan Kredit Permodalan ke RNI Rp1 Triliun
Dirut bank BJB Yuddy Renaldi (ketiga kiri) dan Dirut RNI B. Didik Prasetyo (kedua kanan) saat penandatanganan pembiayaan di Bali, Jumat 9 Agustus 2019/Sumber: Bank BJB

Guna memberikan kemudahan dalam dunia jasa perbankan, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank BJB) menyalurkan kredit modal kerja kepada PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) beserta anak usahanya dengan plafon hingga Rp1 triliun.

Penyaluran tersebut ditandai dengan penandatanganan antara Direktur Utama bank BJB Yuddy Renaldi dan Direktur Utama PT RNI B. Didik Prasetyo, di Bali, Jumat 9 Agustus 2019.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank BJB M. As'adi Budiman, dalam keterangan resmi perusahaan, Minggu 11 Agustus 2019, menjelaskan, penandatanganan kerja sama itu merupakan tindak lanjut dari kerja sama sebelumnya yang telah disepakati kedua belah pihak di sektor funding dan lending jasa layanan perbankan.

Baca juga: Setelah Sambara, Bank BJB Luncurkan Sambat Bagi Masyarakat Banten

"Melalui kerja sama ini, PT RNI dan anak usaha akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses produk dan layanan jasa keuangan bank BJB untuk permodalan usahanya," tuturnya.

M. As'adi Budiman  melanjutkan, PT RNI beserta anak usaha bisa mendapatkan fasilitas kredit dengan plafon maksimal Rp1 triliun lewat produk BJB cash collateral yang diberikan untuk tujuan produktif baik bagi badan usaha maupun usaha perorangan.

“Kredit yang akan diterima PT RNI dan anak usaha bersifat revolving sesuai kebutuhan,” tambahnya.

Kerja sama ini, menurut M. As'adi Budiman tentunya, menguntungkan bagi kedua belah pihak. Di mana, bank BJB akan mendapatkan pendapatan berbasis komisi (fee based income).

“Kerja sama ini, diharapkan semakin memperluas bisnis cakupan bisnis bank BJB di Indonesia,” katanya.

Dari kerja sama ini, beberapa anak usaha PT RNI yang bisa mengakses fasilitas BJB cash collateral ini di antaranya PT PG Rajawali I, PT PG Rajawali II, PT PG Candi Baru, PTP Mitra Ogan, PT Laras Astra Kartika, PT Mitra Kerinci, PT Mitra Rajawali Banjaran, PT Rajawali Nusindo, PT Rajawali Citramas, PT GIEB Indonesia, dan PT Rajawali Tanjungsari Enjiniring.

Baca juga: Bank BJB dan RNI Sinergi Jasa Layanan Perbankan