Bangun Pabrik, CAP Dapat Fasilitas Kredit Ekspor Tanpa Jaminan

Bangun Pabrik, CAP Dapat Fasilitas Kredit Ekspor Tanpa Jaminan
Aktivitas Pabrik CAP (Sumber: CAP)

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP), menandatangani perjanjian fasilitas kredit ekspor tanpa jaminan selama 8 tahun dengan The Japan Bank for Internasional Cooperation (JBIC) dan BNP Paribas Cabang Tokyo.

Rencananya, perusahaan akan menggunakan fasilitas tersebut untuk membiayai pembangunan pabrik polyethylene bari berkapasitas 400 KTA (kiloton per annum) dengan nilai 380 juta dolar AS. 

Presiden Direktur CAP Erwin Ciputra mengatakan, saat ini kontruksi pabrik sudah mencapai 80 persen. Perusahaan optimis pada kuartal IV 2019, pabrik sudah mulai beroperasi.

"Pasca selesai, total kapasitas produksi polyethyle CAP menjadi 736 KTA, sejalan dengan strategi perseroan untuk mengukuhkan posisi pasar," ujarnya, Senin, 17 Desember 2018.

Data menunjukkan, permintaan pasokan produk ini mencapai 1,4 juta ton per tahun. Selama ini, untuk menutupi kebutuhan dipasok dari impor. Dengan adanya tambahan produksi di dalam negeri, akan mengurangi impor. "Pabrik baru akan menyediakan sumber tambahan pasokan domestik," ujarnya.

Baca Juga: Pertagas Alirkan Gas Pertama ke PUSRI

Dalam pemberian fasilitas ini, Nippon Export and Investment Isurance (NEXI) menjadi penjamin atau perlindungan asuransi untuk tranche dari BNP Paribas Cabang Tokyo.

"Kami menyampaikan apresiasi atas kepercayaan dan keyakinan mereka terhadap kinerja keuangan, operasional, lingkungan dan sosial kami," ujar Erwin.

CAP merupakan anak usaha PT Barito Pacific Tbk. Perusahaan ini adalah produsen terbesar polypropylene yang merupakan bahan baku plastik dan kimia untuk produk kemasan, pipa, otomotif, elektronik dan lainnya.

Baca Juga : Pabrik Ban Sintesis Patungan Michelin dan Chandra Asri Diresmikan