Avator Buatan Talent PJB Jadi Salah satu Karya Paling Prospektif Tahun 2020

Avator Buatan Talent PJB Jadi Salah satu Karya Paling Prospektif Tahun 2020
Avator karya SDM PJB (Sumber: dok. PJB)

Salah satu karya milenials PT Pembangkitan Listrik Jawa-Bali (PJB), Avator, berhasil masuk dalam daftar 112 Karya Indonesia Paling Prospektif di Tahun 2020. Penganugerahan tersebut digelar oleh Business Innovation Center Indonesia.

Avator atau Automatic Vibration Monitor Calibrator merupakan alat yang berfungsi untuk mempercepat pengujian vibrasi monitor sebagai pemantau mesin-mesin industri. Inovasi ini berkinerja mumpuni terutama untuk industri pembangkit listrik yang membuat alat ini dipatenkan dan siap dikomersilkan.

Seperti dilansir dari situs resmi PJB, alat ini merupakan karya terbaik dari Lomba Karya Inovasi PLN 2018 di kategori Technical Supporting. Bahkan tak hanya lingkup PLN, alat ini juga menjadi inovasi pengujian vibrasi monitor yang pertama ada di dunia.

Penghargaan ini pun bukan kali pertama bagi Avator. Karya ini pernah mengharumkan nama PJB dan PLN Group dengan menjadi juara pada Asian Power Awards 2018. Selain itu, Avator juga menyabet penghargaan sebagai juara satu BUMN Millenial Innovation Summit (MIS) 2020.

Pencapaian ini tentunya tak hanya membuat bangga kreatornya yakni Alfian Budiarmoko, Robbi Auzikni, Apolonius Adhi Hariyatma dan Yongky Permana Ramlan, tetapi juga PJB dan Grup PLN. Mereka berharap hal ini mendorong insan PJB lainnya untuk terus berinovasi menghasilkan produk-produk bermanfaat lainnya.

Avator memang digadangkan menjadi karya inovasi yang mumpuni baik di atas kertas maupun di lapangan, terutama pada industri pembangkitan listrik. Hal ini dibuktikan melalui keberhasilannya dalam mempercepat pengujian vibrasi monitor sehingga telah membuat inovasi ini dipatenkan. 

Selain berhasil menjadi yang terbaik di lingkungan PLN Group pada Lomba Karya Inovasi PLN 2018 di kategori Technical Supporting, inovasi Avator ternyata juga menjadi inovasi pengujian vibrasi monitor yang pertama ada di dunia.

Baca juga: PLN Pastikan Kebutuhan Listrik di Kawasan Food Estate di Sumut Terpenuhi