AP II – Kemenhub Dorong Pelayanan Transportasi Bagi Disabilitas

AP II – Kemenhub Dorong Pelayanan Transportasi Bagi Disabilitas
Personel keamanan Bandara AP II dalam membantu kaum disabilitas/Sumber: AP II

PT Angkasa Pura II (Persero) dan Kementerian Perhubungan mendorong penyelenggaraan pelayanan publik di sektor transportasi yang ramah bagi disabilitas yang disosialisasikan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional 2019, pekan ini.

Sebanyak 60 orang disabilitas dari berbagai organisasi seperti GAUN, GERKATIN, YPAC, MRAD, JFBT, PERTUNI dan Sarana Bina Daksa Budi Bhakti melakukan focus group discussion terkait layanan publik yang baik di sektor transportasi.

Baca juga: AP II Resmi Operasikan Terminal Baru Bandara Tjilik Riwut

VP of Corporate Communications Angkasa Pura II Yado Yarismano mengatakan pada Rabu 11 September 2019 di Terminal 3 Soekarno-Hatta juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama terkait pelayanan kepada disabilitas yang dilakukan oleh 23 BUMN dan swasta sektor transportasi udara, darat, laut, dan perkeretaapian.

“AP II berkomitmen untuk selalu menyediakan pelayanan terbaik kepada disabilitas, di mana bandara-bandara yang kami kelola telah memiliki sejumlah fasilitas khusus bagi disabilitas. Kami mengajak operator sektor transportasi lain untuk juga menyediakan layanan terbaik bagi disabilitas,” jelas Yado Yarismano dalam keterangan resmi, Minggu 15 September 2019.

Menurut Yado, Bandara Soekarno-Hatta merupakan salah satu terminal penumpang pesawat yang memiliki fasilitas cukup lengkap ramah disabilitas dan kami jadikan sebagai percontohan standar layanan disabilitas di bandara AP II lainnya.

Sejumlah fasilitas bagi disabilitas yang ada di Bandara Soekarno-Hatta antara lain mulai dari area khusus tempat turun penumpang (drop zone) yang diberi warna kuning, kursi roda, toilet, lift khusus, mobil golf, dan travellator.

Di setiap terminal juga terdapat kursi prioritas bagi disabilitas, dan Skytrain sebagai sarana transportasi di dalam kawasan Soekarno-Hatta juga sangat ramah bagi disabilitas.

Selain itu, Soekarno-Hatta juga mengoperasikan bus berlantai rendah (lowdeck) yang ramah bagi pemakai kursi roda di sisi udara, lalu bus dengan fasilitas yang mempermudah pengguna kursi roda di sisi darat, serta menyiagakan personel customer service guna melayani kebutuhan para disabilitas.

Yado Yarismano mengatakan layanan bagi disabilitas yang terdapat di bandara-bandara Angkasa Pura II merujuk pada PM Nomor 98 Tahun 2017 tentang Penyediaan Aksesibilitas Pada Pelayanan Jasa Transportasi Publik Bagi Pengguna Jasa Berkebutuhan Khusus.

“Angkasa Pura II dalam waktu dekat juga merekrut penyandang disabilitas sebagai personel Customer Service, Terminal Operation Center, dan Contact Center,” pungkasnya.

Baca juga: Begini Prosedur Baru Penanganan Barang Tertinggal di Bandara AP II