AP II Kembangkan Konsep Bisnis Baru

AP II Kembangkan Konsep Bisnis Baru
Ilustrasi/Sumber: AP II

Guna menambah pendapatan usaha, PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II) mengembangkan konsep bisnis baru bernama adjacent business di tahun 2020.

"Pada tahun ini kami memperkenalkan konsep adjacent business sebagai strategi dalam mempercepat pertumbuhan bisnis. Tahun ini targetnya bisa mencapai Rp130 miliar atau 1 persen dari total pendapatan yang mencapai Rp12,8 triliun," kata Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin dalam keterangan resmi, Minggu 16 Februari 2020.

Menurut Muhammad Awaluddin, implementasi adjacent business untuk menghasilkan pendapatan dari lini bisnis baru yang bisa memperluas pasar tanpa menjauh dari bisnis inti.

Muhammad Awaluddin menegaskan, implementasi adjacent business diharapkan mampu mempercepat pertumbuhan tersebut.

Adapun adjacent business yang telah dijalankan pada tahun ini adalah memperkuat portofolio dari lima anak usaha, mengembangkan bisnis bengkel pesawat (maintenance, repair, overhaul/MRO), dan program kemitraan strategis untuk Bandara Kualanamu.

“Konsep ini merupakan pengembangan portofolio bisnis sebagai bagian dari transformasi bisnis dan portofolio usaha yang dicanangkan sejak 2016,” tuturnya.

Untuk memastikan konsep adjacent business berjalan dengan optimal, perusahaan telah membentuk unit khusus yang memiliki brandline Airport Solutions yang menyediakan berbagai solusi terkait operasional, pelayanan, dan fasilitas di bandara.

Baca juga: Patuhi Keputusan Pemerintah, AP II Hentikan Sementara Penerbangan Rute China Mulai Hari Ini