Annual Report Award Hadir Kembali, Ini Kriterianya

Annual Report Award Hadir Kembali, Ini Kriterianya
Sumber: Araward.id

Annual Report Award (ARA) merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan atas kerja sama antara Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian BUMN, Direktorat Jenderal Pajak, Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia dan Ikatan Akuntan Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas informasi dan governance melalui Annual Report atau buku laporan tahunan sebuah perusahaan. 

Tema ARA tahun 2018 yang akan dikompetisikan pada tahun ini telah diputuskan, yaitu: “Keakuratan Informasi untuk Kinerja Perusahaan Secara Berkelanjutan dengan Memenangkan dukungan Stakeholders” 

Ada beberapa perubahan dalam pelaksanaan ARA 2018, salah satunya adalah perihal proses penilaian dan penyerahan laporan tahunan. Pada ARA 2018 perusahaan tidak lagi diminta menyerahkan hard copy laporan tahunan tetapi melakukan submit soft copy laporan tahunan bagian per bagian dari aspek penilaian pada sistem informasi ARA 2018.

Baca juga: ARA 2016: Inilah Beberapa Kejutan Menarik yang Terjadi

Pendaftaran dilakukan secara online dan mulai dibuka pada tanggal 20 Februari sampai dengan 30 April 2019. Panduan dapat dilihat pada situs web Araward.

Pengumpulan data dilakukan melalui aplikasi Araward sampai tanggal 31 Mei 2019.

Adapun proses pendaftaran, penyerahan laporan tahunan dan penilaian dalam ARA 2018 seperti dikutip dari web Araward adalah sebagai berikut: 

1. Seluruh proses pendaftaran dan administrasi dilakukan melalui website Araward 2. Biaya pendaftaran ARA sebesar Rp 5.000.000 melalui nomor rekening 104-00-0200611-7 Atas nama KOMNAS KEBIJAKAN GOVERNANCE QQ ARA. Invoice dapat di-download pada saat telah melakukan pendaftaran pada website 3. Peserta tidak menyerahkan hard copy laporan tetapi men-submit soft copy laporan tahunan bagian per bagian dari aspek penilaian pada aplikasi sistem informasi ARA 4. Peserta melakukan self assessment kualitas laporan tahunannya 5. Dewan juri akan melakukan verifikasi terhadap self assessment yang dilakukan peserta 6. Peserta akan mendapatkan umpan balik kekurangan data yang di-submit secara online

Kriteria ARA 2018

Kriteria penilaian Annual Report Award 2018 sama dengan penilaian periode ARA sebelumnya yang diselenggarakan pada tahun 2016. Terdapat beberapa penambahan kriteria untuk perkenalan, yakni pada aspek Tanggung Jawab Sosial Perusahaan yang akan dipakai pada periode berikutnya, tetapi kriteria tambahan tersebut belum dijadikan sebagai kriteria penentu nilai pada saat ini.

Bagi perusahaan yang telah memenuhi kriteria tambahan tersebut sebaiknya memasukkannya dalam submit laporan tahunan agar mendapatkan umpan balik guna penyempurnaan.

Adapun kriteria Annual Report Award tahun laporan 2018 adalah sebagai berikut:

ASPEK PENILAIAN KRITERIA UMUM

1. Umum     2. Ikhtisar Data Keuangan Penting 3. Laporan Dewan Komisaris dan Direksi     4. Profil Perusahaan     5. Analisa dan Pembahasan Manajemen atas Kinerja Perusahaan 6. Good Corporate Governance 7. Informasi Keuangan 

ASPEK PENILAIAN KRITERIA DANA PENSIUN

1. Umum 2. Ikhtisar Data Keuangan Penting 3. Laporan Dewan Pengawas dan Pengurus/Plt Pengurus 4. Profil Dana Pensiun 5. Analisa dan Pembahasan Manajamen atas Kinerja Dana Pensiun 6. Tata Kelola Dana Pensiun 7. Informasi Keuangan

Untuk lebih detail mengenai kriteria di atas, perusahaan dapat mengacu pada website Araward. Perusahaan-perusahaan yang telah menjalankan tata kelola perusahaan dengan sebaik-baiknya, kami ucapkan selamat berkompetisi!

Simak Video: Penerapan GCG di Indonesia, Siapa Saja Juaranya