Angkasa Pura II Resmikan Lounge Berbasis Digital

Angkasa Pura II Resmikan Lounge Berbasis Digital
PT Angkasa Pura II (Persero) meresmikan fasilitas iMATE Lounge di Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno Hatta. (Sumber: Angkasa Pura II)

PT Angkasa Pura II (Persero) meresmikan fasilitas terbaru di Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjelang masa angkutan Lebaran. Fasilitas tersebut adalah iMATE Lounge (i-Millennial Airport Travel Experience Lounge).

“Keberadaan iMATE Lounge di Soekarno-Hatta cukup penting melihat profil traveler di era digital saat ini mengandalkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih, sekitar 60-70% penumpang di Soekarno-Hatta adalah dari generasi milenial,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin baru-baru ini. 

iMATE Lounge merupakan salah satu produk transformasi digital yang dijalankan AP II, setelah sebelumnya juga lahir Airport Operation Control Center (AOCC), aplikasi iMATE dan iPerform, serta wifi berkecepatan tinggi yang dikenal dengan Wishock.

Menurut Muhammad Awaluddin, dengan adanya fasilitas tersebut maka kini seluruh terminal di Soekarno-Hatta, yaitu Terminal 1, 2, dan 3, sudah dilengkapi fasilitas iMATE Lounge. Perseroan melihat pada masa angkutan Lebaran ini, keberadaan lounge tersebut dapat membantu berbagai kebutuhan informasi serta bisa menghibur traveler.

Baca juga: Penerbangan Internasional Citilink di Soetta Pindah ke Terminal 2F

“Melalui teknologi maka pelayanan kepada penumpang akan meningkat. Di era digital, penumpang butuh kecepatan dan kenyamanan, itu bisa didapat dari teknologi," tukas Muhammad Awaluddin,

Di iMATE Lounge, traveler dapat menikmati berbagai layanan berbasis digital seperti virtual assistant, digital wayfinding, informasi pariwisata, hingga melakukan reservasi perjalanan.

iMATE Lounge juga diperkuat personel robot bernama DILO untuk menghibur traveler dengan berbagai fitur multimedia. 

“Milenial travelers menjadi atensi khusus di AP II. Kami memiliki program milenial travel experience yang menjadi alasan hadirnya konsep iMATE Lounge. Bukan cuma gaya-gayaan menuju digital, tapi AP II adaptif terhadap pasar,” jelas Muhammad Awaluddin. 

Ditambahkan pula bahwa saat ini personel keamanan dan pelayanan di Soekarno-Hatta sudah dilengkapi dengan gadget guna pelayanan yang lebih cepat dan optimal. Personel yang dilengkapi gadget ini dikenal dengan nama Digital Officer (with) Digital Device (DODD).

"AP II sudah jadi trendsetter untuk pelayanan berbasis digital di airport," ujar Muhammad Awaluddin.

Baca juga: Antara Pertamina, Avtur dan Harga Tiket Pesawat Domestik