Angkasa Pura I Tambah 4 Bandara Penyedia Pemeriksaan GeNose C19

Angkasa Pura I Tambah 4 Bandara Penyedia Pemeriksaan GeNose C19
Pemeriksaan GeNose di Bandara AP I (Sumber: dok. AP I)

PT Angkasa Pura Airports atau AP I akan menambah jumlah bandara yang melayani pemeriksaan GeNose C19. Pada minggu ini, dilakukan penambahan sebanyak 4 bandara sehingga total bandara yang melayani pemeriksaan GeNose C19 berjumlah 8 bandara.

Adapun empat bandara tambahan tersebut adalah Bandara Sentani Jayapura, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin pada Kamis 22 April, serta Bandara Pattimura Ambon pada Jumat 23 April. 

"Melanjutkan implementasi layanan GeNose C-19 yang sudah dilakukan di 4 bandara sebelumnya, minggu ini Angkasa Pura Airports akan mengimplementasikan layanan tersebut di 4 bandara," ungkap Faik Fahmi, Direktur Utama AP I dalam keterangan resmi perusahaan 21 April 2021. 

Adapun layanan GeNose C-19 di Bandara Sentani Jayapura terletak di lobby keberangkatan. Di sana, disediakan 4 mesin GeNose C-19 dan 500 kantong udara tiap harinya dengan waktu operasional 09.00 - 14.00 WIT. Adapun pemeriksaan tersebut dikenakan biaya sebesar 60 ribu rupiah. 

Sedangkan layanan GeNose C-19 di Bandara SAMS Sepinggan akan beroperasi dari pukul 08.00 - 15.00 WITA. Terdapat 5 mesin GeNose dan 600 kantong udara tiap harinya dengan harga layanan sebesar 40 ribu rupiah. 

Sementara itu, layanan GeNose C-19 di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin yang mulai diimplementasikan pada Kamis 22 April mendatang dilengkapi dengan 3 mesin GeNose dan 300 kantong udara tiap harinya. Lokasinya terletak di terminal kedatangan internasional.

Sejak implementasi GeNose tanggal 1 April 2021 hingga 19 April, layanan tersebut telah digunakan oleh 20.894 pengguna. Angka tersebut setara dengan 8% dari jumlah keberangkatan dari empat bandara. Adapun dari total pengguna GeNose C-19 hingga 19 April tersebut, terdapat 2.111 penumpang yang positif atau 10 persen.

Untuk 7 bandara Angkasa Pura I lainnya, layanan GeNose C-19 akan mulai diimplementasikan pada minggu terakhir April sehingga pada Mei mendatang seluruh atau 15 bandara Angkasa Pura Airports sudah memberikan layanan GeNose C-19. 

Adapun 7 bandara lainnya tersebut yaitu Bandara  Lombok Praya, Bandara El Tari Kupang, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, dan Bandara Frans Kaisiepo Biak.

Baca juga: Per 1 April, 2 Bandara AP I ini Resmi Layani Pemeriksaan GeNose untuk Syarat Terbang