Angkasa Pura I: Human Capital Adalah Aset Terpenting

Angkasa Pura I: Human Capital Adalah Aset Terpenting
Angkasa Pura I berhasil menggondol penghargaan Best Company To Work in Asia 2019, seiring dengan strategi perusahaan untuk menjadi human capital sebagai aset terpenting. (Sumber: Angkasa Pura I)

PT Angkasa Pura I -sering disebut sebagai Angkasa Pura Airports- menilai human capital adalah aset penting dalam upaya membangun perusahaan yang maju, positif, berkembang, serta dapat beradaptasi di setiap perubahan. Untuk itu, perusahaan menerapkan strategi yang disebut Human Capital Strategic Initiative. 

Direktur SDM dan Umum Angkasa Pura Airports Adi Nugroho menegaskan strategi tersebut memiliki tiga aspek utama, yaitu organisasi, kultur dan individu (people)

Secara organisasi, Angkasa Pura Airports ingin menjadi perusahaan yang lincah dan fokus (nimble and focus organization). Sedangkan secara kultur, korporasi ingin memperkuat nilai budaya perusahaan yang terdiri dari nilai Sinergi, Adaptif, Terpercaya, dan Unggul (SATU) serta mendorong budaya inovasi. 

Sementara dari sisi people, strateginya antara lain melalui carrier and talent management yang berbasis pada kinerja dan kompetensi serta melalui pembelajaran dan pelatihan berkelas dunia, kata Adi.

Baca juga: Angkasa Pura I Gelar Posko Lebaran

Hal tersebut diungkapkan Adi seiring dengan keberhasilan perusahaan menjadi Best Company to Work for in Asia 2019. Penghargaan tingkat Asia Pasifik yang diselengarakan oleh HR Asia yang berbasis di Malaysia ini adalah kedua kalinya diterima oleh perusahaan, setelah pencapaian yang sama pada 2018 lalu. HR Asia Awards 2019 untuk chapter Indonesia kali ini diikuti oleh lebih dari 280 perusahaan

"Penghargaan ini merupakan apresiasi bagi seluruh karyawan Angkasa Pura Airports atas kontribusi dan dedikasinya dalam bekerja selama ini. Penghargaan yang kedua kalinya diraih ini tentunya juga akan semakin memacu kami dalam melakukan transformasi human capital untuk menudukung visi baru perusahaan,” ujar Adi. 

Lebih lanjut, Adi juga menuturkan pihaknya melakukan transformasi digital di bidang human capital. Adanya transformasi berupa Human Capital Information System (HCIS), memungkinkan semua proses bisnis human capital di Angkasa Pura I berbasis digital.     

Baca juga: Cegah Virus Monkeypox, Angkasa Pura I Perketat Pengawasan Penumpang dari LN