AirAsia Resmikan Hub Terbaru di Lombok

AirAsia Resmikan Hub Terbaru di Lombok
AirAsia buka hub baru di Lombok. (Sumber: AirAsia)

AirAsia membuka pusat operasi (hub) terbarunya di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Peresmian hub Lombok ini merupakan bagian dari upaya berkesinambungan AirAsia dalam mendukung inisiatif Pemerintah dan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia untuk menyukseskan Lombok sebagai salah satu dari ‘10 Bali Baru’.

“Pilihan AirAsia untuk menjadikan Lombok sebagai hub sudah tepat, karena Lombok dengan Mandalikanya merupakan salah satu dari 10 Bali Baru. Pertumbuhan jumlah wisman di Lombok pun tergolong cepat, karena potensi alam dan budayanya yang mendukung," kata Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya baru-baru ini.

Lombok merupakan hub kelima AirAsia di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Medan dan Bali. AirAsia telah menghubungkan langsung Lombok dengan Kuala Lumpur, Malaysia sejak 2012 dan membawa lebih dari satu juta wisman sejak penerbangan perdananya.

Baca juga: Menanti Indonesia Tak Lagi Impor Minyak Mentah dan BBM

Maskapai asal Malaysia tersebut juga meluncurkan livery pesawat dengan desain yang didedikasikan guna mendukung promosi pariwisata Lombok. Desain livery istimewa ini menampilkan ikon-ikon pariwisata lokal, seperti Gunung Rinjani yang megah serta pesona bawah laut kepulauan Gili.

Pesawat Airbus A320 berkode registrasi PK-AXU ini akan melayani rute penerbangan langsung terbaru dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok menuju Perth, Australia mulai 9 Juni 2019. Selain itu juga melayani beberapa rute domestik yang rencananya akan segera beroperasi, yaitu ke Jakarta, Yogyakarta, dan Bali.

Menurut Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan, hub tersebut menandai berkembangnya konektivitas internasional dan domestik dari pulau ini. Selain itu juga turut menciptakan peluang kerja bagi masyarakat setempat, mendorong pertumbuhan pariwisata dan ekonomi pengunjung.

AirAsia juga akan meluncurkan serangkaian inisiatif pariwisata berkelanjutan yang menyusul upaya yang telah dimulai oleh sayap sosial kami, AirAsia Foundation, yang telah bekerja sama dengan komunitas untuk mendirikan rumah tinggal sementara serta membangun kembali kawasan tempat tinggal penduduk pasca gempa.

“Berdasarkan data acuan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Grup AirAsia tetap menjadi maskapai yang mendatangkan wisatawan mancanegara ke tanah air terbanyak dengan jumlah sekitar 3,2 juta kunjungan wisman atau sebesar 25% dari keseluruhannya sepanjang 2018," kata Dendy.

Dengan penempatan dua pesawat di hub Lombok, lanjutnya, langkah strategis ini semakin menegaskan komitmen AirAsia untuk terus mendukung pariwisata Indonesia, khususnya Lombok sebagai bagian dari 10 Bali Baru. 

Baca juga: Pelindo IV Layani Sandar Kapal Perdana di Kendari New Port