AirAsia Akan Tambah 15 Pesawat Airbus untuk Genjot Pangsa Pasar Indonesia

AirAsia Akan Tambah 15 Pesawat Airbus untuk Genjot Pangsa Pasar Indonesia
AirAsia Group berencana mendatangkan 15 pesawat Airbus 320-200 untuk dioperasikan di Indonesia guna memperbesar pangsa pasar rute domestik dalam tiga tahun ke depan. /Sumber: AirAsia

AirAsia Group berencana mendatangkan 15 pesawat Airbus 320-200 untuk dioperasikan di Indonesia guna memperbesar pangsa pasar rute domestik dalam tiga tahun ke depan. Sebanyak lima unit pesawat akan didatangkan setiap tahun selama tiga tahun berturut-turut. 

"Ke-15 pesawat itu digunakan untuk menerbangi destinasi domestik baik rute baru maupun yang sudah ada. Kami sudah melakukan pembahasan rute-rute domestik mana saja yang akan diluncurkan tahun mendatang," kata Deputy CEO AirAsia Group Bidang Bisnis Maskapai, Bo Lingam, akhir pekan lalu.

Sementara, di dalam negeri, AirAsia Indonesia berencana mendatangkan lima unit pesawat Airbus A320-200 hingga akhir tahun ini. Adapun, satu unit sudah berhasil didatangkan pada awal Juni 2019 guna menunjang layanan bandara pengumpul (hub) baru yakni Lombok.

Baca juga: Tawarkan Harga Promo, AirAsia Rambah 5 Rute Baru

Sebanyak dua pesawat, lanjutnya, akan didatangkan secara bertahap pada September dan dua sisanya hingga akhir 2019. Saat ini, AirAsia telah mengoperasikan 25 unit pesawat Airbus A320-200 termasuk yang baru resmi didatangkan. 

Dalam beberapa tahun ke depan, AirAsia Group berencana menggarap rute domestik baru di Indonesia yang saat ini masih sepi peminat. Rute baru mampu menjanjikan potensi pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan dengan rute gemuk atau yang sudah dilayani maskapai lain. "Kami akan selalu membuka rute baru, tidak suka rute yang sudah padat. Itu tidak menyenangkan," katanya.

Konektivitas baru

Dia menambahkan Izin rute baru akan diajukan pada lokasi yang belum banyak diminati maskapai lain. Hal itu dilakukan asalkan destinasi tersebut memiliki potensi yang bagus baik wisata maupun bisnis. Dia lantas mencontohkan rute Bandung-Kuala Lumpur yang sebelumnya tidak diminati, saat ini justru menjadi rute dengan jumlah permintaan tinggi. Hal tersebut menjadi bukti AirAsia tidak hanya berkeinginan untuk ekspansi pada rute populer, melainkan bersedia membuka konektivitas baru.

Saat ini AirAsia telah membuka lima rute domestik baru, yaitu Jakarta - Lombok (frekuensi 11 kali seminggu), Bali - Lombok (7 kali seminggu), Yogyakarta Kulon Progo - Lombok (3 kali seminggu), Bali - Labuan Bajo (7 kali seminggu), serta Surabaya-Kertajati (3 kali seminggu). Kelima rute baru tersebut akan mulai beroperasi pada 1 Agustus 2019.

Baca juga: AirAsia Kembali Dinobatkan Jadi LCC Terbaik Dunia