2 Trainset DMU Buatan INKA Resmi Beroperasi di Filipina

2 Trainset DMU Buatan INKA Resmi Beroperasi di Filipina
Kereta buatan INKA untuk Filipina resmi beroperasi (Sumber: inka.co.id)

Kereta buatan PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA yang diekspor ke Filipina, akhirnya resmi beroperasi Senin lalu, 16 Desember 2019. Dua rangkaian kereta bertipe diesel multi unit (DMU) yang merupakan pesanan Philippine National Railways (PNR) melaju lancar tanpa gangguan dari Stasiun Dela Rosa hingga Stasiun Tutuban, Manila.

Kereta yang resmi beroperasi tersebut merupakan hasil ekspor INKA batch pertama. PNR sendiri memesan 6 rangkaian kereta DMU dan 3 lokomotif serta 15 kereta penumpang. Total nilai kontrak yang diraih INKA dari PNR mencapai 792 miliar rupiah.

Rencananya, pada awal tahun depan INKA akan kembali mengirim empat kereta DMU. Filipina sendiri menjadi negara pertama yang memesan kereta penggerak (lokomotif) dari INKA.

Berdasarkan keterangan dari General Manajer PNR, Junn B. Magno, beroperasinya kereta buatan INKA akan memperbaharui unit kereta api yang ada di Filipina. Dengan pembaharuan tersebut, ia berharap masyarakat Filipina semakin nyaman dalam menggunakan transportasi publik.

“Saya sangat emosional mengatakan ini. Bahwa saya memiliki tugas melakukan transformasi dalam perkeretaapian di Filipina,” kata Junn.

Ia pun senang bisa berkolaborasi dengan INKA dan berharap agar kerja sama tersebut akan terus berlanjut ke depannya. Ia menambahkan bahwa kereta-kereta buatan INKA tersebut mempercepat transformasi transportasi di Filipina.

“Saya berharap kerja sama dengan INKA bisa terus berlanjut,” tambahnya.

Hal tersebut diamini oleh Transportation Secretary Filipina, Arthur Tugade, yang mengatakan bahwa transformasi sektor kereta api di Filipina sudah dimulai. “Hari ini merupakan perayaan transformasi yang dilakukan PNR,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama INKA, Budi Noviantoro, mengatakan bahwa pengiriman dua rangkaian kereta tersebut bertepatan dengan peringatan 70 tahun hubungan diplomasi Indonesia-Filipina. Ia pun mengapresiasi dukungan yang ditunjukkan Departemen Transportasi Filipina, dari mulai proses penandatanganan kerja sama hingga proses pengiriman kereta.

Baca juga: Dua Kereta Buatan INKA Tiba di Filipina